Cara Menghitung Berat Badan Ideal Sesuai Umur Dan Tinggi Badan

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Sesuai Umur Dan Tinggi Badan – “Body Mass Index (BMI) adalah kalkulator sederhana yang menghitung berat badan ideal berdasarkan tinggi dan berat badan. Dengan menggunakan kalkulator BMI, seseorang dapat mengetahui apakah mereka termasuk dalam kisaran berat badan ideal atau tidak.

, Jakarta – Kesehatan seseorang dapat dilihat dari berbagai sudut pandang, salah satunya adalah berat badan. Orang yang kelebihan berat badan (obesitas) lebih cenderung memiliki masalah kesehatan daripada mereka yang memiliki berat badan yang sehat. Nah, untuk menghitung berat badan ideal, ada kalkulator khusus yang sering digunakan, namanya

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Sesuai Umur Dan Tinggi Badan

(BMI) adalah kalkulator sederhana yang dapat Anda gunakan untuk menghitung berat badan ideal berdasarkan tinggi dan berat badan Anda. Dengan menggunakan kalkulator BMI, diketahui apakah seseorang berada pada kategori berat badan yang tepat atau tidak.

Rumus Menghitung Berat Badan Ideal Anak

Ini adalah metode yang banyak digunakan untuk menghitung berat badan ideal. Namun, BMI biasanya hanya digunakan untuk orang berusia 20 tahun atau lebih. Bagi yang berusia di bawah 20 tahun, disarankan untuk menggunakan cara lain.

Dengan membagi berat badan Anda dalam kilogram dengan kuadrat tinggi badan Anda, perhitungan BMI membandingkan berat badan Anda dengan tinggi badan Anda. Ada dua hal yang perlu diperhatikan saat menghitung IMT, yaitu rumus dan kategori berat.

Sebagai contoh perhitungan, misalkan Anda saat ini memiliki berat 75 kilogram dan tinggi 1,6 meter (160 sentimeter). Anda ingin mengetahui apakah berat badan Anda tepat atau kelebihan berat badan.

Pertama, kalikan tinggi badan Anda dengan kuadrat untuk mengubah meter menjadi meter persegi: 1,6 meter x 1,6 meter = 2,56 meter persegi. Kemudian bagi berat badan Anda dengan kuadrat tinggi badan Anda: 75/2,56 = 29,2.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal, Kegemukan Atau Terlalu Kurus? Halaman All

Kemudian cocokkan angka BMI (29,2) dengan kategori berat yang tertera. Jika Anda mengikuti contoh kasus berat badan di atas, alias angka BMI

Menunjukkan hasil bahwa Anda kelebihan berat badan (mungkin obesitas). Namun, BMI dapat menyebabkan kesalahpahaman di antara kelompok orang tertentu.

BMI tidak boleh digunakan untuk binaragawan, atlet, ibu hamil, lansia dan anak kecil. Ini karena BMI tidak memperhitungkan apakah kenaikan berat badan berasal dari otot atau lemak. Mereka yang memiliki massa otot, seperti atlet, mungkin memiliki BMI lebih tinggi tetapi tidak berisiko mengalami masalah kesehatan.

Mereka yang memiliki massa otot lebih sedikit, seperti anak-anak yang sedang tumbuh atau orang dewasa yang mungkin kehilangan massa otot, memiliki BMI yang lebih rendah. Bagi ibu hamil, penggunaan IMT kurang tepat, karena komposisi tubuh wanita berubah selama hamil dan menyusui.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Dengan Mudah

Menghitung berat yang sesuai. Jika Anda memiliki pertanyaan terkait kesehatan, Anda dapat meminta aplikasi dari dokter Anda. Dengan cara ini Anda bisa mendapatkan masukan dan solusi yang tepat untuk masalah Anda. Unduh aplikasi langsung dari Play Store dan App Store.

Referensi: Diabetes di Kanada. Diterima pada tahun 2022. Kalkulator indeks massa tubuh (BMI). NHS. Jatuh tempo pada tahun 2022. BMI Health Weight Calculator Bagaimana cara menghitung berat badan ideal untuk dewasa dan anak-anak? Jadi apa itu BMI, formula Broca dan kalkulator terbaik? Tubuh wanita langsing atau tubuh pria atletis adalah tipe tubuh yang diinginkan. Namun, pendapat setiap orang tentang pelangsingan dan olahraga berbeda-beda.

Seseorang mungkin merasa terlihat gemuk, meskipun yang lain menganggap dirinya sudah tergolong kurus. Untuk mengetahui apakah tubuh Anda fit atau tidak, caranya ditentukan dengan angka.

Ya, ada berbagai cara dan cara serta rumus yang bisa digunakan untuk menghitung dan mengukur tipe tubuh ideal seseorang, baik itu kurus, bugar, gemuk atau kelebihan berat badan. Definisi ini nampaknya berbeda bagi banyak orang karena jika disesuaikan dengan jenis kelamin, tinggi badan dan gaya hidup, pasti hasilnya akan berbeda. Berikut ini adalah beberapa cara menghitung berat badan ideal Anda.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Tanpa Repot Terbaru 2022

Pada tahun 1832, ahli matematika Belgia Adolphe Quetelet menemukan rumus yang sekarang dikenal sebagai indeks massa tubuh (BMI). Apa itu BMI? BMI (Body Mass Index) atau Indeks Massa Tubuh adalah suatu cara atau rumus untuk menentukan sama atau tidaknya kelas berat badan seseorang. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menstandarkan perhitungan berat badan ideal menggunakan IMT. Nilainya adalah angka sederhana (normal) yang dapat digunakan untuk menilai apakah seseorang memiliki berat badan normal, sangat kurus, kelebihan berat badan, kelebihan berat badan, atau obesitas.

Jika melihat sejarah awal, banyak perusahaan asuransi yang mengadopsi BMI untuk menetapkan premi (22% lebih) untuk setiap nasabahnya yang masuk dalam kategori “gemuk”. Ini karena orang yang “gemuk” memiliki peluang lebih tinggi untuk terserang penyakit seperti diabetes, stroke, kanker, dan gangguan jantung. Berikut adalah rumus penentuan nilai IMT seseorang atau kategori:

Misalnya, seseorang sekarang memiliki berat 62 kg, dan tingginya 166 cm. Jadi nilai BMI untuk pria adalah:

Contoh lain: Seorang wanita muda memiliki berat 47 kg dan tinggi 163 cm. Jadi nilai BMI untuk remaja putri tersebut adalah : BMI = 47 : (1,63 x 1,63) = 47 : 2,6569 = 17,7

Berikut Cara Menghitung Berat Badan Ideal Menurut Ahli Gizi Halaman All

Berdasarkan tabel di atas, maka tubuh wanita muda tergolong kecil. Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa indeks BMI lebih besar atau sama dengan 25 dapat menyebabkan berbagai resiko penyakit seperti penyakit jantung, kanker dan sejenisnya. Di sisi lain, jika indeks BMI rendah (kurang dari 18), ada risiko osteoporosis.

Namun sayangnya cara ini kurang akurat dalam menghitung kadar lemak tubuh karena ada faktor lain yang mempengaruhi berat badan seperti jenis kelamin, kepadatan tulang, ras dan sebagainya. Menurut sebuah studi tahun 2016, 47 persen orang yang tergolong kurus menurut BMI dan 29 persen obesitas adalah orang yang sehat. Studi yang sama menemukan bahwa lebih dari 30 persen orang dengan BMI yang sehat sebenarnya memiliki tekanan darah tinggi, kolesterol, dan resistensi insulin yang terkait dengan diabetes tipe 2.

BMI hanya cocok untuk pria dan wanita berusia 18-64 tahun. BMI tidak cocok untuk anak-anak, ibu hamil, orang yang sangat berotot (seperti atlet dan binaragawan) dan lansia (yang kehilangan massa otot). Profesional kesehatan menggunakan BMI sebagai informasi untuk menentukan risiko masalah kesehatan. Banyak masalah kesehatan yang berhubungan dengan berat badan, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes tipe 2. Kelemahan lain dalam menghitung BMI adalah orang gemuk memiliki metabolisme yang lebih tinggi akibat olahraga. Artinya tergolong tidak sehat bila dalam keadaan normal karena laju metabolisme tidak diperhitungkan.

Untuk mengetahui apakah tubuh seseorang bugar, tidak hanya bisa menggunakan rumus IMT, tapi juga rumus Broca, atau yang disebut rumus Devine. Metode perhitungan ini ditemukan pada tahun 1871 oleh Dr. Pierre Paul Broca dan kemudian diperkenalkan oleh Dr. BJ Devine pada tahun 1970-an. Apa rumus matematikanya? Inilah rumus Broca (Devine):

Cara Menghitung Berat Badan Normal Bayi Dan Standar Acuan Sesuai Kms

Contoh perhitungan untuk pria dengan tinggi badan 170 cm = (170 – 100) – (10% x (170 – 100) = 63 kg

Contoh perhitungan untuk wanita dengan tinggi badan 160 cm = (160 – 100) – (15% x (160 – 100) = 51 kg

Seperti formula BMI, formula Broca juga memiliki keterbatasan, jadi ini mungkin bukan indikator penurunan berat badan yang baik untuk wanita Asia. Mengapa? Formula ini awalnya dikembangkan di Prancis yang sebagian besar penduduknya bertubuh tinggi dibandingkan Asia, sehingga formula ini tidak cocok digunakan untuk menghitung berat badan ideal wanita Indonesia. Selain itu, rumus yang semula ditujukan untuk menghitung dosis obat berdasarkan berat badan pasien ternyata hanya satu angka, bukan kisaran tertentu.

Keterbatasan lainnya adalah rumus ini tidak cocok untuk menghitung berat badan ideal wanita pendek dan pria tinggi. Bagi wanita yang memiliki tinggi badan di bawah rata-rata, berat badan ideal terlihat kurus. Pendek terlihat kurus. Misalnya berat badan ideal wanita dengan tinggi badan 140 cm = (140 – 100) – (15% x (140 – 100) = 34 kg Artinya, tubuh wanita dengan tinggi badan 140 cm seharusnya hanya memiliki berat 34 kg, yang bisa terlihat kurus dan tidak sehat.

Tabel Berat Badan Yang Disarankan Untuk Perempuan Menurut Kemenkes

Seperti disebutkan di atas, salah satu rumus paling umum untuk menghitung berat badan ideal adalah rumus Broca. Seiring waktu, Formula Broca telah berkembang dalam berbagai cara.

Pada tahun 1974, dr. BJ Devine menerbitkan metode baru untuk menghitung berat badan ideal. Rumusnya adalah:

Formula Devine dirancang untuk digunakan dalam dunia medis, disebut untuk menghitung dosis obat tertentu seperti digoksin, teofilin atau gentamisin. Tapi penggunaannya lebih umum.

Kemudian pada tahun 1983, dr.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita Sesuai Umur

Khusus untuk pria dengan tinggi badan kurang dari 160 cm, dan untuk wanita kurang dari 150 cm, digunakan rumus:

Jika cara di atas lebih ditujukan untuk orang dewasa, Anda bisa menghitung berat badan yang sesuai untuk bayi dan anak dengan menggunakan rumus berikut:

Selain rumus di atas, ada lagi rumus menentukan berat badan ideal berdasarkan usia, seperti dikutip dari surat kabar People’s Mind tahun 2014, yaitu:

Rumus di atas berfungsi untuk menemukan berat badan yang tepat untuk wanita berdasarkan usia, juga berfungsi untuk pria. Satu-satunya perbedaan adalah usia.

Mudah Dan Akurat, Ini Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Selain menggunakan rumus IMT dan Devine, salah satu rumus yang digunakan untuk mengukur berat badan ideal seseorang menurut tinggi badannya adalah Formula Lemmens. Pada tahun 2005, Harry Lemmens mengembangkan formula berbeda yang mencoba mengatasi kelemahan formula sebelumnya. Dalam formula barunya ini, Lemmens memperkenalkan sebuah inovasi yang membuat perhitungan berat badan ideal menjadi realistis dan dalam batas yang dapat diterima.

Misalnya, berapa berat pria atau wanita dengan tinggi 183 cm atau 1,83 meter?

Apa rumusnya

Tinggi dan berat badan ideal sesuai umur, cara menghitung berat badan ideal sesuai umur, berat badan ideal sesuai umur, cara menghitung berat badan ideal wanita sesuai umur online, menghitung berat badan ideal sesuai umur, cara menghitung bb ideal sesuai tinggi badan, cara menghitung berat badan ideal sesuai tinggi badan, cara menentukan berat badan ideal sesuai umur, cara menghitung berat badan sesuai umur, berat badan ideal kucing sesuai umur, cara menghitung berat badan ideal wanita sesuai umur, cara menghitung berat badan ideal wanita sesuai umur dan tinggi badan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *