Akibat Tidak Bisa Tidur Di Malam Hari

Akibat Tidak Bisa Tidur Di Malam Hari – Tidur merupakan kebutuhan yang perlu dipenuhi oleh setiap orang. Tidur merupakan salah satu aktivitas rutin yang dilakukan semua makhluk hidup, apalagi bagi kita yang perlu mengistirahatkan badan dan pikiran di malam hari agar tubuh bugar dan segar saat bangun tidur. Ada beberapa hal yang kerap membuat orang mengabaikan kebutuhan tidur malam, seperti bermain game di smartphone, menonton TV, dan sejenisnya. Sedangkan jika seseorang harus bekerja di pabrik pada shift malam selama satu minggu penuh, maka hal tersebut masih dapat ditoleransi, namun jika seseorang bekerja pada shift pagi, maka minggu tersebut harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk tidur yang nyenyak, yakni tidur nyenyak. Ia kebanyakan tidur pada pukul 21.00 agar tubuhnya dapat tidur yang berkualitas, dimana seminggu sebelumnya ia harus begadang karena bekerja shift malam.

Sistem kekebalan tubuh menghasilkan sitokin. Sitokin dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi dan peradangan yang terjadi serta mengurangi stres. Saat Anda tidur malam, tubuh Anda akan bekerja memproduksi sitokin. Oleh karena itu, kurang tidur menyebabkan terganggunya proses produksi sitokin. Dengan demikian, kurang tidur di siang hari berisiko menurunkan kapasitas sistem kekebalan tubuh dan menurunkan kinerja sel dalam melawan infeksi di dalam tubuh. Kondisi ini berdampak pada menurunnya sistem kekebalan tubuh dan mengganggu proses penyembuhan alami penyakit dan infeksi.

Akibat Tidak Bisa Tidur Di Malam Hari

Kurang tidur merupakan salah satu faktor utama penyebab stres dan depresi. Studi tersebut menunjukkan bahwa pada tahun 2005 dilakukan survei di mana orang yang menderita depresi atau kecemasan diminta menghitung kebiasaan tidurnya. Oleh karena itu, sebagian besar orang yang tidur kurang dari enam jam semalam diketahui menderita insomnia. Dimana insomnia dikaitkan dengan tingginya risiko depresi yang menimpa seseorang. Dikutip dari webmd.com, dalam penelitian tahun 2007 yang melibatkan 10.000 orang, penelitian menemukan bahwa orang yang menderita insomnia lima kali lebih mungkin mengalami depresi. Insomnia adalah salah satu gejala pertama depresi. Jadi tidak baik jika Anda tidur kurang dari enam jam per malam per hari. Permasalahan yang sering muncul adalah rasa cemas berlebihan, jiwa menjadi lebih sensitif, mudah tersinggung, dan badan menjadi tidak kompeten (tidak sehat). Lebih buruk lagi, depresi meningkatkan risiko penyakit jantung dan kanker. Insomnia dan depresi saling berkaitan. Kurang tidur seringkali memperburuk gejala depresi, dan depresi dapat menyebabkan gangguan tidur. Jadi mengatasi masalah tidur dapat membantu mengatasi depresi dan sebaliknya.

Dampak Bahaya Kurang Tidur: Badan Mudah Sakit Dan Risiko Kanker Halaman All

Kurang tidur dapat menyebabkan sakit kepala hingga mencapai tahap sakit kepala parah. Kondisi ini disebabkan oleh menyempitnya aliran darah ke kepala yang disebabkan oleh kurang tidur/istirahat. Sakit kepala yang dialami banyak orang pada umumnya dapat menyebabkan nyeri pada leher bagian belakang.

Kulit dapat dijadikan tolak ukur untuk mengukur kesehatan tubuh. Jika seseorang kurang tidur maka akan berdampak buruk pada penampilan kulit yaitu terlihat kurang bercahaya, pucat, kusam, muncul garis-garis halus dan kerutan. Selain itu, orang yang kurang tidur (terutama wanita) berisiko mengalami lingkaran bengkak di sekitar mata. Hal ini terjadi karena tubuh memproduksi hormon stres, yaitu kortisol, dengan lebih baik. Dimana kelebihan hormon kortisol menyebabkan kerusakan kolagen sehingga mengakibatkan penurunan elastisitas dan kekenyalan kulit. Kurang tidur satu malam saja bisa menyebabkan mata bengkak dan kulit pucat. Jika terlalu sering, bisa menjadi permanen. Lingkaran hitam di bawah mata, kulit pucat, dan garis-garis halus di wajah bisa menjadi permanen.

Kurang tidur di malam hari dapat meningkatkan risiko terkena kanker. Profesor di Jepang melakukan tes ini dan menunjukkan bahwa jumlah hormon melatonin yang seharusnya diproduksi tubuh saat Anda tidur malam akan berkurang akibat kurang tidur. Akibat kekurangan hormon melatonin, hal ini menyebabkan peningkatan risiko kanker. Sebuah studi tahun 2010 menemukan bahwa dari 1.240 orang yang terkena kanker usus besar, 338 orang memiliki rata-rata tidur malam kurang dari enam jam. Dalam penelitian lain, kurang tidur meningkatkan risiko kekambuhan pada pasien kanker payudara.

Kurang tidur dapat menimbulkan masalah bagi pasangan suami istri, karena kurang tidur menyebabkan masalah libido yang rendah…mengakibatkan tubuh kekurangan tenaga, mudah ngantuk dan gangguan kesehatan pria seperti impotensi dan ejakulasi dini.

Sulit Tidur Atau Insomnia: Penyebab Dan Mengatasinya

Kurang tidur pada seseorang menyebabkan nafsu makannya meningkat drastis. Sehingga muncul rasa lapar berlebihan (mudah lapar). Kondisi seperti itu pasti akan menyebabkan seseorang menjadi gemuk karena makan terlalu banyak. Rangsangan rasa lapar yang berlebihan (akibat kurang tidur) disebabkan oleh pelepasan leptin yang menyebabkan otak memiliki keinginan makan yang besar.

Yang cukup mengkhawatirkan, hingga 9 dari 10 orang yang menderita insomnia ternyata menderita berbagai penyakit serius. Insomnia terjadi karena seseorang sering kali mengalami kesulitan tidur sehingga tidak bisa tidur nyenyak dan kualitas tidurnya tidak baik. Penyakit serius yang berisiko antara lain penyakit jantung (baik serangan jantung maupun gagal jantung), diabetes, stroke, atau tekanan darah tinggi. Tidur yang berkualitas sangat penting untuk mengoptimalkan proses alami perbaikan pembuluh darah dan jantung, sehingga banyak orang yang kurang tidur rentan terkena penyakit kardiovaskular yang serius. Selain itu, Anda akan mengalami irama jantung yang tidak normal.

Tidur yang cukup dan berkualitas membantu mengontrol fungsi mental sehingga dapat mencegah depresi, gangguan berpikir, dan perasaan sedih yang berlebihan. Kurangnya istirahat dapat menyebabkan gangguan jiwa, yang seringkali ditandai dengan menurunnya keadaan dimana seseorang mudah emosional dan sangat mudah tersinggung. Akibatnya, bagi Anda yang bekerja di kantor atau pabrik, performa kerjanya akan menurun.

Kurang tidur tentu akan membuatnya mudah lupa. Sebab, hal tersebut merupakan akibat dari keadaan tubuh yang tidak berdaya akibat kurang tidur. Seringkali, begadang menyebabkan peradangan dan gangguan pada sel-sel otak sehingga menurunkan kapasitas memori. Kondisi seperti ini (kurang tidur malam) jika berlangsung dalam jangka waktu lama akan meningkatkan risiko terkena penyakit Alzheimer.

Ini 6 Tips Agar Tidur Siang Anda Efektif

Kurang tidur dapat menyebabkan berkurangnya fungsi otak. Kondisi dimana fungsi otak terganggu dapat menurunkan kemampuan mengendalikan emosi, sehingga Anda lebih mudah marah. Kondisi seperti ini menyebabkan terganggunya hubungan sosial, terutama pada remaja dan dewasa, yang umumnya lebih sering berkomunikasi di masyarakat. Keadaan emosi yang tidak stabil juga memperburuk suasana hati Anda. Apakah Anda mempunyai gangguan tidur? Sejak kapan Anda merasakan keluhan ini? Apakah setiap hari atau kadang saat Anda sedang banyak pikiran atau sedang stres? Apakah gangguan tidur mengganggu aktivitas Anda? seperti kelelahan, lesu bahkan mempengaruhi emosi anda. Jika ya, mungkin Anda mengalami gangguan tidur yang disebut insomnia.

Insomnia adalah suatu kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan tidur atau membutuhkan waktu lama untuk tertidur. Kondisi lain yang bisa dialami adalah terbangun di malam hari dan tidak bisa tidur. Kondisi ini tentunya akan berdampak pada aktivitas Anda keesokan harinya, seperti menurunnya produktivitas kerja.

Apa saja tanda dan gejala gangguan tidur? Anda dapat melihat tanda-tanda di bawah ini dan kemudian mencocokkannya dengan kondisi yang Anda alami dalam kehidupan sehari-hari:

Ada beberapa penyebab insomnia. Ada penyebab insomnia yang bisa kita hindari dan ada pula yang tidak bisa kita hindari. Hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan sehari-hari pasti sulit kita hindari. Penyebab insomnia antara lain stres, gangguan ritme sirkadian atau jam biologis, seperti saat bepergian ke luar negeri, dan perubahan pola tidur akibat shift kerja. Penyebab lainnya bisa jadi pola tidur yang tidak teratur, aktivitas laptop, menonton TV, atau sesuatu yang membuat Anda menatap layar. Makan terlalu banyak di malam hari, rasa cemas, penyakit kronis seperti jantung, kanker, diabetes, serta kebiasaan mengonsumsi kafein, nikotin, dan alkohol juga dapat menyebabkan insomnia.

Batuk Di Malam Hari? Begini Cara Mengatasinya

Dari penjelasan di atas kita dapat melihat bahwa gangguan tidur dapat dihindari dengan menerapkan pola hidup sehat, menghindari stres berlebihan dan belajar cara mengelolanya dengan lebih baik. Bagi anda penderita insomnia, semoga penjelasan ini membantu. Terima kasih. Tidur merupakan salah satu kebutuhan manusia agar tetap sehat dan bugar setiap harinya. Orang dewasa normalnya membutuhkan 7-9 jam untuk tidur. Namun banyak orang yang mengalami gangguan tidur di malam hari.

Penyebab tidak bisa tidur malam bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah stres atau usia.

Penyebab paling umum dari sulit tidur adalah stres yang berlebihan. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab stres, seperti kekhawatiran terhadap pekerjaan, keuangan, kesehatan, kehidupan sosial, dan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

Orang dengan tingkat stres tinggi rentan mengalami gangguan tidur seperti insomnia. Hal ini sangat mempengaruhi kualitas tidur mereka karena mereka akan tetap aktif di malam hari dan merasa lelah di siang hari.

Restless Leg Syndrome Penyebab Kaki Pegal Di Malam Hari ยป Klinik Patella

Kebiasaan tidur yang buruk bisa membuat seseorang tidak bisa tidur di malam hari. Kebiasaan tersebut berhubungan dengan gaya hidup yang tidak sehat seperti sering lembur dan berjudi

Pola tidur yang tidak teratur dan terlalu banyak tidur di siang hari juga mengganggu siklus tidur. Selain itu, seringnya konsumsi minuman beralkohol dan berkafein juga bisa menyebabkan insomnia di malam hari.

Tidak disarankan makan terlalu banyak, terutama makanan pedas dan cepat saji, sebelum tidur. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare dan asam lambung yang dapat terjadi saat ingin istirahat malam.

Penyebab sulit tidur berikutnya adalah penggunaan obat-obatan yang memiliki efek samping tertentu. Misalnya obat asma, antidepresan, obat tekanan darah, obat flu, dan obat lainnya.

Beberapa Penyebab Anda Sulit Tidur Di Malam Hari

Obat-obatan ini dapat membuat seseorang merasa mengantuk di siang hari atau di luar jadwal tidurnya. Jika seseorang mengonsumsi terlalu banyak obat ini, mereka akan sering merasakannya

Akibat tidak bisa tidur malam, akibat tidak tidur 2 hari, akibat tidak bisa tidur berhari hari, akibat tidak pernah tidur malam, akibat sering tidak tidur malam, akibat susah tidur di malam hari, akibat tidak bisa tidur, akibat tidak bisa tidur malam hari, akibat tidak tidur di malam hari, akibat susah tidur malam hari, apa akibat tidak bisa tidur, akibat tidak tidur malam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *